Cara cek Skincare di BPOM /Artikel tentang kecantikan

Assalammualaikum
Sebelumnya artikel ini saya ikut sertakan dalam Give Away di FaceBook, dan alhamdulillah tidak menang hehe.
Pada artikel kali ini saya akan membahas soal ‘cantik’. Sebelumnya , apa yang terlintas di benak teman-teman ketika mendengar kata Cantik?
Tentunya banyak pendapat mengenai cantik itu sendiri, dan pastinya tiap kepala pasti berbeda pendapat. Ada yang berpendapat cantik itu putih, cantik itu langsing, cantik itu gendut, cantik itu punya kulit coklat, dll.

Bahkan diberbagai belahan dunia ini, tepatnya di daerah atau wilayah tertentu mempunyai standart kecantikan yang berbeda-beda, contoh yang saya tau itu di Myanmar, tepatnya Suku Kayan, di sana itu perempuan yang mempunyai leher panjang dipandang cantik, sehingga tiap perempuan rela menggunakan gulungan kuningan di lehernya agar leher mereka memanjang. Aneh bukan? Yah bagi kita mungkin terlihat aneh, tapi itulah cantik bagi mereka.

Lalu apa sebenarnya definisi cantik itu?
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) : Elok, Molek (Tentang wajah, muka perempuan)
Menurut saya sendiri cantik itu tidak melulu soal wajah atau fisik, tapi sikap, perilaku, dan taat.

Jadi kesimpulannya cantik itu relatif, tergantung di mana kita berpijak, tergantung dari pemikiran kita, tergantung apa yang kita lihat, intinya definisi cantik bagi setiap orang itu beda-beda.
Tapi berbeda lagi dengan penomena pada saat ini, di mana banyak sebagian orang yang menganggap cantik itu ‘putih’, sehingga banyak di hubungkan dengan memperbesar peluang untuk mendapatkan cinta, sehingga putihnya hati nuranipun di abaikan. Dan ‘relatif’ pun tidak lagi berlaku karena di samaratan, pokoknya yang putih itu cantik. Sehingga mereka yang kurang putih di gambarkan murung, di abaikan sang pujaan hati, bahkan tampak tak bahagia.

Lalu apa akibatnya?
Akibatnya, banyak bermunculan cream yang mengklaim bisa memutihkan secara instant.
Bagi sebagian orang mungkin bagus jika ada produk skincare yang bisa cepat membuat muka atau badan putih, tapi bahan apakah itu yang bisa memutihkan secara instant sedemikian rupa, itu patut di curigai dan harus kita telaah lebih dalam agar tidak menjadikan bumerang di kemudian hari. Apakah produk tersebut sudah di setujui peredarannnya oleh pemerintah, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), kemudian apakah aman jika di gunakan dalam jangka panjang, apa pengaruh untuk kesehatan kulit dan badan kita.

Jangan sampai kita membeli produk skincare atau apapun itu, jika produsennya bilang no BPOM-nya masih dalam proses. Harus teman-teman ketahui, jika oleh BPOM belum di acc berarti ada kemungkinkinan di tolak peredarannya, jika peredarannya di tolak berarti ada yang salah dengan produk itu, ntah tidak memenuhi standart, atau ada bahan yang berbahaya, atau apapun itu yang tidak boleh di edarkan atau pasarkan.

Nah kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana men-cek suatu produk apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum, karena di sini banyak yang nanya apakah produk ini itu aman atau tidak, di cek dulu yuk di BPOM. Caranya :

  • Masuk ke halaman http://cekbpom.pom.go.id Setelah masuk ke alamat tersebut, kalian akan menemukan halaman seperti pada gambar no 1 di bawah yang sudah saya upload.

  • Kita bisa mencari produk berdasarkan nomor registrasi. Tinggal memasukan nomor registrasi di kolom ‘Kata Kunci’, kemudian klik ‘Cari’

  • Pasa gambar no 3 saya berikan contoh produk face mask wardah yang saya cari. Jadi di sana terdapat tanggal dan tahun terbitnya, nama produknya, merknya, kemasan serta berat produknya, nama pabrik dan alamatnya.

  • Pada gambar no 4 saya berikan contoh no yang tidak terdaftar. Tulisan di bawahnya ‘Data Tidak Ditemukan’

Sekian tutorial cek produk di BPOM, jangan mudah tergiur oleh cream abal-abal. Yuk cek dulu di BPOM.

Balik lagi ke bahasan kita, karena jika kita membahas ‘cantik’ akan sangat meluas. Untuk menyikapi penomena tersebut di butuhkan pemikiran yang smart, dan tentunya percaya diri. Pintar menentukan yang mana yang baik dan yang tidak untuk diri kita, tidak hanya ikut-ikutan dengan tren yang ada sehingga kita tidak tersesat dengan ‘pendapat orang lain’, dan percaya diri denan mensyukuri apa yang telah tuhan kasih kepada kita, tinggal kita merawatnya dengan baik dengan menggunakan skincare yang aman, dan tentunya cocok untuk kulit wajah kita.

Sebagai penutup, beberapa bulan yang lalu saya mendengarkan sebuah radio dari daerah Bandung, yang sedang bembahas ‘cantik’ menurut Rasulullah.
Inti dari sebuah bahasan tersebut yaitu cantik menurut Rasulullah adalah yang menentramkan hati.


Sekian bahasan dari saya, mohon maaf apabila banyak kesalahan kata, atau kesalahan pemahaman, ataupun kesalahan teori. Semoga bermanfaat, dan ada hal baru sesudah membaca artikel yang saya buat.

Leave a comment